Alat Penilaian Lokasi Tambang (MSAT)

Alat yang dikembangkan oleh dan untuk pemangku kepentingan setempat

MSAT

Unduh alat (versi CETAK – pdf)


➥ 中文

➥ English

➥ Español

➥ Français

➥ हिंदी

➥ Bahasa Indonesia

➥ Kinyarwanda

➥ Kiswahili (Bukavu – DRC)

➥ Kiswahili (Kenya)

➥ Кыргызча

➥ Монгол хэл

➥ Português (BR)

➥ Pусский

➥ Twi (Ghana)

Berdasarkan pengujian dan diskusi yang ekstensif, serangkaian pertanyaan ini dimaksudkan sebagai titik awal keterlibatan yang konstruktif di setiap lokasi tambang, kecil maupun besar, serta untuk masyarakat setempat, masyarakat sipil, pekerja, serikat pekerja, pemerintah daerah, dan pihak lainnya yang ingin terlibat secara konstruktif atas apa yang dapat diharapkan secara wajar dari lokasi tambang di sebagian besar lingkungan.

Menindaklanjuti publikasi RMI Report pertama tahun 2018, ini merupakan hasil dari sejumlah besar permintaan dari kelompok yang terdampak aktivitas pertambangan di seluruh dunia atas alat yang mudah digunakan dan dipahami. Alat yang akan digunakan untuk berdialog dengan perusahaan pertambangan tentang sejumlah hal yang secara langsung memengaruhi masyarakat dan pekerja di dalam dan di sekitar lokasi tambang.

Pemilihan topik dan masalah yang dibahas tidak komprehensif, tetapi para pemangku kepentingan setempat dapat menggunakan pendekatan serupa untuk menangani masalah kepentingan lainnya yang terkait dengan pertambangan.

Alat Penilaian Lokasi Tambang/Mine Site Assessment Tool (MSAT) dapat digunakan oleh siapa pun secara gratis, bahkan oleh manajer lokasi tambang yang ingin terlibat dalam masalah mendasar yang memengaruhi area sekitar lokasi tambang.

Alat Penilaian Lokasi Tambang ini dapat digunakan untuk:

• Meningkatkan kesadaran tentang dasar-dasar Pertambangan yang Bertanggung Jawab

“MSAT sangat membuka mata! Kami tidak mengetahui sebelumnya bahwa perusahaan yang bertanggung jawab harus memasok produk lokal menginformasikan kepada kami tentang kualitas udara atau air. Namun kini kami tahu bahwa semua hal tersebut adalah ekspektasi yang wajar.”
________
Abraham Kofi Amankwah – Ghana
Juru Bicara masyarakat yang terdampak aktivitas pertambangan Manso Aponapon


• Memulai pembahasan tentang dasar-dasar Pertambangan yang Bertanggung Jawab

“MSAT telah membantu kami mengangkat masalah-masalah krusial, seperti masalah air dan hubungan masyarakat di beberapa lokasi tambang kecil. Dalam suatu kasus, MSAT menyadarkan perusahaan bahwa sebenarnya hukum setempat mewajibkan mereka untuk memantau kualitas air di sekitar lokasi tambang dan membagikan data tersebut kepada masyarakat setempat.”
________
MIrlan Dyikanbaev – Kirgistan
Koordinator koalisi PWYP Kirgistan


• Mengidentifikasi celah dalam Pertambangan yang Bertanggung Jawab dan mengukur peningkatan dari waktu ke waktu

“MSAT menawarkan peluang besar bagi para anggota kami yang telah bekerja sama dengan lokasi tambang dan perusahaan pertambangan tertentu untuk meningkatkan keterlibatan mereka dengan lebih banyak bukti dan fakta.”
________
Emil Omarov – Azerbaijan
Manajer Keterlibatan Anggota (Member Engagement Manager) PWYP (Asia-Pasifik, Eurasia, dan MENA)


• Melakukan survei untuk membandingkan berbagai lokasi tambang dalam hal Pertambangan yang Bertanggung Jawab

“MSAT sangat membantu dalam membangun kapasitas masyarakat setempat yang terdampak oleh aktivitas pertambangan pada beberapa isu krusial. Pemantauan masyarakat, termasuk dalam isu gender, merupakan hal yang sangat penting, terutama jika perusahaan dan pemerintah gagal untuk memenuhi kewajiban mereka.”
________
Viviane Sebahire – Republik Demokrasi Kongo
Koordinator SOFEDI (organisasi akar rumput dan berbasis komunitas untuk hak perempuan dan anak perempuan)


• Membantu manajer pertambangan melakukan penilaian mandiri terhadap dasar-dasar Pertambangan yang Bertanggung Jawab

“Beberapa perusahaan yang kami undang untuk menanggapi MSAT menyambut baik inisiatif kami. Di satu lokasi tambang, manajernya berkata: “Kami pikir Anda datang untuk menyampaikan keluhan lagi, tetapi ini merupakan pertanyaan bagus yang dapat kita tangani bersama!”
________
Meshack Mbangula – Afrika Selatan
Koordinator Nasional MACUA (gerakan berbasis komunitas dari masyarakat yang terdampak aktivitas pertambangan)


• Membangun hubungan saling percaya antar pemangku kepentingan

“Pedoman internasional untuk kondisi kerja biasanya terlalu rumit bagi kebanyakan perusahaan kecil dan lokasi tambang kecil, di mana ekspektasi paling dasar sekalipun tidak terpenuhi, dan di mana para pekerja tidak tergabung dalam serikat pekerja. Indikator sederhana yang digunakan MSAT sangat bermanfaat untuk berinteraksi dengan operator pertambangan tentang dasar-dasar kondisi kerja.”
________
Hermansyah – Indonesia
Wakil Ketua Serikat Pekerja SPKEP-SPSI Bekasi


Bagikan